Monday, 27 February 2012

Anat

Ini cerita anak semester 2. Hari pertama masuk.
Yak. Hari ini. Jam enam masih dengan enaknya gulung-gulung di tempat tidur sambil baca timeline si x yang udah siap ngampus dan si y udah otw kampus. Well, gulung-gulungnya masih dilanjutin aja sampe enam lebih banyak hahaha. Emang dasar babi. Eh taunya tiba-tiba emes nelfon, nyuruh sarapan di rumah. Jadi changing plan. The first destination: rumah ortu, instead of kampus. Sampe rumah ortu jam tujuh lebih lima, eh ternyata ada sesuatu yang emergency, jadi ngurusi itu dulu baru lahap-lahap beberapa jenis asupan nutrisi. Lihat jam, setengah lapan. Oke deh, berangkat..........zzz. kelas udah dimulai setengah jam sebelumnya, anyway. Gapapa. Nakal-nakal bentar.
Hasil ketelatan yang sangat telat itu, aku terdampar di mobil di parkiran grabik. Ngeliat parkiran yang rame.. angkatan 2011 ternyata rajin-rajin ya :)) Wkwk. (Hayooo. kenapa ga masuk kelas? Males ya) Gilamu! Rajin ya aku belain dateng gini. Tapi berhubung kuliahnya belum selesai, sungkan bro. *Alesan :p Aku emang rencana masuk pas istirahat. Biar ga keliatan nelat. Hihihi. Well, lucky me to be the only one that was out of class? Nope. Muncul cewe satu yang notabene temen, dan kita geje abis ngebahas sekolah bisnis di mobil :)) (Kuliah apa sih aku?! hahaha) Next, abis dapet bbm waktu istirahat, aku masuk kelas \:D/ jam sembilan. Wuhuu~

Cerita punya cerita, kuliah berlalu seperti biasa: cepet pulang, tapi ga pulang-pulang. Dari sedemikian gejenya di kelas, kegejean dilanjutin di luar kelas: nungguin temen ngebagiin handscoon sama masker buat praktikum anatomi, makan siang bareng, rapat cimsa.

Ngomongin tentang anatomi, ini topik lagi hot. Yak, nih mata kuliah bisa bikin banyak mahasiswa pegang kepala mikirnya. "Anatomi tuh gampang, yang penting belajar aja dua jam tiap hari," kata kakak kelas. "Anatomi tuh harus belajar empat jam buat bisa!" salah seorang temen. "Praktikumnyaaaaaa! Duh, formalinnya bikin pedih men." "Takuuut :(" "Anat tuh bikin tidur malem," anak CMP. Dan berbagai macam keluh kesah lainnya. 

Sebenernya anatomi tuh gimana sih? 
Anatomy is is a branch of biology and medicine that is the consideration of the structure of living things. Di pendidikan dokter ini, ya struktur manusia yang dimaksud. Di program kuliah, seminggu ada dua hari anatomi. Tiap harinya, diawali dengan kuliah, setelah itu dilanjutin praktikum. Kami belajar 3 paket, yang pertama extremitas atas bawah (yang akan dipelajari). Waktu penyelesaian tiap paket satu bulan. Referensi belajar yang kita punya ada dua: diktat dan atlas.

Metode belajar yang aku pake buat belajar adalah hafalan. Baca terus baca terus baca terus terus terus. Buat  aku pribadi, serem ya ngebayangin praktikum yang ngebedah mantan manusia dan harus ngehafalin bejibun bagian tubuh. I was like wanting to run away! :o Well, itulah ilmu. Teknik punya kalkulus yang dewa, kedokteran punya anat. Every part of life has its own challenge! Aku mikir: fisika ga suka, kalkulus? no way. So what? Apa yang harus aku pelajari?! Ya anat ini. Anat adalah bagian mahalnya ilmu kedokteran, bukan berarti finansial, melainkan passionBagi yang kehilangan semangat *Ngomong ke diri sendiri*, take a break deh, flashback: apa passion kamu? kenapa masuk kedokteran? apa sih tujuan-tujuan yang pengen dicapai dalam profesi ini? Hap-hap! Kalau kedokteran bukan passion kamu, wah buruan ganti jurusan. Buat yang udah dijalannya, Realize! This is part of the process. *Ngomong ke diri sendiri* Orang yang ber-passion dalam bidang kedokteran dapat menikmati, mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya, dan bisa menyelesaikan mata kuliah ini sesuai target, mereka memahami ini adalah proses kelulusan, ini adalah dasar kedokteran, inilah yang menjadi salah satu  bekal untuk program spesialis, dan dengan inilah suatu saat nanti aku membantu orang lain (I've been dreaming to be a surgeon). Inilah mengapa orang bertemu dengan tenaga medis: karena mereka lebih mengetahui tentang bagian-bagian tubuh dan cara kerjanya.

Well, sebanyak apapun kegalauan di permukaan, masing-masing individu (temen-temen, kakak kelas, tiap calon tenaga medis) punya lebih banyak solusi untuk naklukin anatomi :) Tetapkan target. This is a challenge we have to win!

At last. Bye! See ya. I might not write for some time.
*Balik ke buku* :) :>

No comments:

Post a Comment